Karir

Dirikan Pusat Karir, UIN Malang Belajar ke ITB Career Center

Tim pendirian UIN Malang Career Center berkunjug ke ITB Career Center pada Rabu, 21 November 2018 dalam rangka studi wawasan tentang pusat karir di kampus Ganesha. Tim yang diketuai oleh Kepala Sub Bagian Alumni ini memilih ITB karena kampus ini  memiliki lembaga pusat karir yang sudah mapan. Kunjungan ini dimaksudkan untuk belajar bagaimana langkah-langkah pendirian sekaligus pengelolaan pusat karir yang baik.

Dalam kunjungan ini, tim dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang disambut oleh Kepala Seksi Kewirausahaan dan Keprofesian, Yanti Sukmawati, bersama dengan para staf bagian career services dan tracer study. Dalam kesempatan tersebut, Yanti menjelaskan struktur organisasi yang ada dalam ITB Career Center sekaligus tugas-tugas pada setiap devisi. Selain itu, para staf juga berbagi best practices yang dilakukan oleh ITB Career Center dalam menyelenggarakan kegiatan-kegiatan pengembangan karir seperti Career Days dan pelatihan-pelatihan kewirausahaan.

Menurut Kasubbag Alumni UIN Malang, Muhammad Edy Thoyib, hasil belajar dari ITB ini nanti akan menjadi modal wawasan untuk mendirikan pusat karir di kampus Ulul Albab. “Sudah saatnya UIN Malang mempunyai pusat karir untuk menunjang layanan kepada mahasiswa, alumni dan masyarakat umum dalam bidang pembinaan kewirausahaan dan karir. Keberadaan Pusat Karir di perguruan tinggi sangat penting untuk mendukung kampus dalam rangka menyiapkan calon tenaga kerja profesional yang siap terjun ke dunia kerja” terangnya saat ditemui setelah kunjungan. “Selain itu, pusat karir juga mempunyai peran yang strategis untuk memfasilitasi pemenuhan tenaga kerja di instansi atau perusahaan melalui informasi lowongan pekerjaan. Ini sangat bermanfaat untuk para alumni dan masyarakat luas yang sedang mencari pekerjaan” imbuhnya.

Secara terpisah, Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. H. Isroqunnajah, M.Ag. menjelaskan bahwa Pendirian UIN Malang Career Center saat ini dipercayakan kepada Bagian Kemahasiswaan dan Alumni karena dianggap lebih dekat dengan bidang kemahasiswaan dan kealumnian dalam rangka pembinaan karir mahasiswa sekaligus mengantarkan dan meningkatkan karir lulusan. “Kami menargetkan pada tahun 2019 pusat karir ini sudah berdiri. Selanjutnya, jika pengelolaannya sudah cukup mapan, maka pusat karir ini akan berdiri secara mandiri sebagai lembaga pusat karir di bawah Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama.” Tuturnya. (et)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *